Beragam Trik Mencari Referensi jurnal ilmiah


Jurnal merupakan referensi utama dan yang sering digunakan dalam penulisan karya ilmiah. Baik mahasiswa, dosen maupun seorang peneliti untuk membuat sebuah artikel akan membutuhkan jurnal untuk referensi bacaan. 

Tidak terkecuali bagi mahasiswa baru khususnya dibidang kesehatan. Kebanyakan mahasiswa baru masih bingung dengan cara mencari sumber referensi yang valid untuk mengisi atau mengerjakan laporan bagian pembahasan yang diharuskan oleh dosen dan asisten untuk menggunakan sumber yang valid sebagai pembanding dan untuk mencari kejelasan. 

Anda dapat memanfaatkan jurnal nasional maupun internasional. Yang terpenting gunakanlah atau carilah sumber valid dengan isi jurnal yang sesuai dengan penelitian atau tugas anda. 

Karena masih ada yang kurang mengerti dan kesulitan untuk mencari jurnal sebagai referensi. Anda perlu belajar dan mengetahui cara mencari referensi jurnal. Berikut beberapa referensi jurnal yang dapat anda kunjungi : 


A. Google scholar 


Google memiliki lMn khusus untuk mencari publikasi ilmiah, yaitu google scholar atau google cendikia. Pada halaman itulah berbagai jurnal dapat ditemukan, baik yang berbahasa Indonesia maupun berbahasa inggris. 

Adapun langkah yang dapat dilakukan untuk menulusuri didalam google scholar yaitu :

1. Buka website http://scholar.google.co.id/, ketikkan kata pencarian. Gunakan pencarian dengan tidak melebihi 5 kata kecuali jika anda telah mengetahui judul jurnal yang akan anda cari.

2. Jika sudah mengklik pencarian, akan muncul beberapa hasil pencarian dalam bentuk link PDF. Jika ingin membuka saja maka anda dapat mengabaikan link PDF. Akan tatapi jika ingin membuka dan menyimpan hasil pencarian, maka klik link bertuliskan PDF 

3. Terdapat menu artikel dan koleksiku dibagian kiri menu. Dalam keadaan default, akan diperoleh sesuai dengan apa yang dicari. Sementara pilihan koleksiku adalah hasil yang telah disimpan sebelumnya. 

4. Dibagian ini akan ditampilkan waktu publikasi jurnal tersebut, tahun publikasi data dipilih dari yang terbaru hingga lama.

5. Dibagian ini hasil pencarian akan tampil sesuai dengan relevansi artikel. Bisa dipilih berdasarkan urutan tanggal publikasi. 

Baca juga : Identifikasi masalah dan variabel pada jurnal


B. DOAJ (Directory of Open Access Journal)

Jurnal internasional dari beberapa publisher dapat diakses dengan gratis di web DOAJ. Berikut langkah yang dapat dilakukan untuk menelusuri jurnal ilmiah di DOAJ. 

1. Buka situs DOAJ di https://doaj.org/, kemudian ketikkan kata kunci di kolom search. Jika anda ingin hasil yang keluar hanya jurnal, hilangkan centang pada articles.


2. Klik tombol cari disamping kata kunci, tunggu hasil keluar, lalu klik salah satu hasil untuk masuk pada jurnal.


3. Setelah masuk kejurnal, pilih artikel yang diinginkan. Terdapat pilihan untuk melihat abstrak saja, abstract atau full text


C. Science direct 

Sebagai produk dari publisher besar, Elsevier, scence direct menyediakan puluhan ribu hingga ratusan ribu jurnal diberbagai bidang. Tetapi tidak semuanya gratis disitus ini. Jurnal yang gratis akan di labeli sebagai Open Access. Berikut cara mencari jurnal internasional gratis di Science Direct

1. Buka situs https://www.sciencedirect.com/ dengan tampilan sebagai berikut 


2. Dikolom pencarian seperti dikata kunci di keyword, nama penulis di author name, judul jurnal di journal/book title, dst. Setelah input dikolom pencarian, tekan tombol enter di keyboard atau tekan tombol cari disamping kolom pencarian. Laman hasil pencarian sebagi berikut


3. Dilaman pencarian akan ditemukan jurnal yang sifatnya berbayar (bertuliskan purchase PDF). Untuk mencari yang gratis, lihat all access types dikanan atas hasil pencarian, ubah menjadi Open access articles. Maka hasil pencarian akan diperbarui. 

4. Setelah jurnal gratis tampil, klik ikon pdf disetiap artikel untuk mengunduh secara otomatis atau dapat dibuka di browser.

Baca Juga : Fakta Jurusan Farmasi


D. Pubmed Central


Pubmed Central merupakan bagian dari US National Institutes of Health, National Library of Medicine (NIH/NLM) yang khusus digunakan khusus menyediakan koleksi jurnal biomedis dan kesehatan. Berikut langkah yang dapat dilakukan untuk menelusuri jurnal kesehatan di Pubmed

1. Buka alamat web Pubmed central di https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/ 

2. Ketikkan kata kunci pada kolom pencarian, klik search disamping kolom pencarian

3. Hasil akan tampak otomatis urut dari tahun yang terbaru. Untuk mengakses jurnal gratis, klik free full text available disebelah kiri panel. Hasil pencarian akan diperbarui

4. Setelah jurnal gratis tampil, buka artikelnya dengan klik judul.

5. Akan tampil artilkel, unduh dengan klik PDF atau download PDF. (Beberapa artikel memberi opsi untuk membuka full text terlebih dahulu)





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alat Alat Peracikan Sediaan Farmasi

Tutorial Aplikasi Kimia ChemDraw bagi Pemula

BAB II TINJAUAN PUSTAKA (Contoh Karya Tulis Ilmiah (KTI) Pengenalan Spektrofotometri Pada Mahasiswa Yang Melakukan Praktikum Online di Laboratorium Farmakokimia)