Jurusan Farmasi Itu Gimana sih, Fakta Farmasi

salah satu foto kami saat melakukan kunjungan untuk modul senyawa bahan alam yang merupakan salash satu modul dalam pembelajaran kefarmasian



Farmasi itu apa ?, apakah yang ada dipikiran masyarakat indonesia ketika ditanya hal demikian ?.

Pada awalnya program studi farmasi memang belum begitu banyak diketahui oleh masyarakat. Bahkan banyak yang mengartikan bahwa farmasi itu hanya program studi perkuliahan yang belajar tentang meracik obat saja. Sehingga tidak jarang jurusan farmasi ini dipandang sebelah mata dan dirasa kurang menunjukkan eksistensinya.

Namun, kini jurusan farmasi semakin dikenal oleh masyarakat dan popularitasnya meningkat yang ditandai dengan semakin meningkatnya peminat jurusan farmasi setiap tahunnya. Kepopularitasan ini sangat baik untuk kemajuan farmasi diindonesia, karena perlu diketahui oleh masyarakat bahwa peran seorang farmasis dalam kehidupan itu sangatlah penting. Seperti contohnya dalam dunia medis, dalam sebuah Rumah sakit sangatlah perlu adanya seorang apoteker sebagai garda terakhir yang akan memeriksa obat pasien yang diresepkan oleh Dokter. Hal itu menjadi tameng terakhir untuk keselamatan pasien dalam penggunaan obat.

Bagi anda yang ingin menjadi seorang farmasis atau seorang apoteker, dan saat ini masih berada dibangku SMA, boleh sekali untuk mengetahui terlebih dahulu seperti apa sih jurusan farmasi itu nantinya. Fakta-fakta ini dapat menjadi bahan pertimbangan dan penyemangatmu :


1. Tidak hanya tentang meracik obat


Banyak masyarakat yang masih beranggapan bahwa farmasi itu hanya tentang meracik obat, obat dan obat. Tapi perlu kamu ketahui bahwa lingkup farmasi itu sebenarnya sangat luas lo.  Banyak produk produk yang beredar dan bahkan digunakan dalam keseharian masyarakat itu sebenarnya merupakan produk farmasi. Seperti contohnya kosmetika yang tidak pernah lepas dari kehidupan kaum hawa, kebutuhan sabun dalam kehidupan rumah tangga, suplemen suplemen yang sering dikonsumsi, dan lain sebagainya itu termasuk produk farmasi.

suplemen, vitamin yang sering dikonsumsi, handbody lotion, krim wajah, sabun mandi, dan lainnya yang anda gunakan sehari hari itu diracik dengan hati hati dan teliti oleh para farmasis. Keren banget kan?



2. Mayoritas perempuan

Fakta bahwa mahasiswa farmasi mayoritas adalah perempuan memang benar, bahkan perbandingannya dapat mencapai 1:7, tergantung kampus juga sih. Namun, bagi anda kaum adam yang ingin masuk jurusan farmasi tidak usah insecure, karena kalian sering dianggap penyelamat dan pelindung bagi masyarakat perempuan farmasi. Ya walaupun juga sering dijadikan korban dadakan sih. Tapi tenang saja, semua itu menyenangkan dan akan menambah keakraban kalian. Yakinlah bahwa jurusan farmasi ini membutuhkan solidaritas yang kuat dan kerjasama yang baik antar mahasiswa. 


3. Jadwal praktikum yang banyak

Mahasiswa farmasi tentunya diwajibkan memiliki skill atau keterampilan khusus dibidangnya, tidak hanya sebatas teori belaka.  Tidak heran karena tuntutan tersebut dalam seminggu aka nada 2-3 kali praktikum dengan waktu sekitar 4 jam bahkan lebih setiap praktikumnya. Jadi dalam kuliah farmasi jangan membayangkan kuliah pulang ngedrakor, karena waktu anda sangat berharga untuk setiap tugas anda.



4. Banyak laporan


Jika banyak praktikumnya tentu saja akan dibarengi dengan banyak laporan. Bahkan laporan ini akan sering menjadi teman tidurmu bahkan yang menidurkanmu. Setiap praktikum usai pastilah setiap praktikan diwajibkan untuk membuat laporan praktikum terkait materi yang dipraktikumkan. Karena padatnya jadwal praktikum yang otomatis berbarengan dengan banyaknya laporan yang harus diselesaikan, sementara waktu kuliah juga mulai pagi hingga sore, akibatnya laporan biasa dikerjakan saat pulang kuliah atau diakhir pekan. Mungkin anda akan berpikir, kapan refreshingnya ?. Tenang, jika anda bisa memanfaatkan waktu dan memanajemen waktu anda dengan baik, pasti and masih bias untuk refreshing. Salah satu caranya dengan selalu menyicil laporan dan jangan menunda nunda. 


5. Sering belajar bersama


Ketika anda masuk jurusan farmasi, belajar kelompok atau belajar bersama ini wajib anda lakukan. Saling berbagi ilmu dan berdiskusi akan menambah ilmu dan lebih mudah diingat juga. Selain itu belajar bersama ini dapat melatih anda bekerja sama dengan orang lain, memahami karakter lawan bicara anda, dengan karakter teman teman anda yang berbeda, mulai dari cara menyampaikan ide, sifat, pola pikir yang berbeda mengajarkan anda saling menghargai. Dan tentu saja aktivitas ini akan menambah keakraban anda dengan teman teman anda.



6. Perlu ketelitian dan ketekunan

Ketelitian dan ketekunan adalah sifat wajib yang dimiliki seorang farmasis bahkan calon farmasis. Praktikum merupakan percobaan dalam skala kecil, namun semua pembelajaran skill anda bermula disana. Anda dituntut focus dan mengamati dengan baik.

Kelak ketika anda menjadi seorang farmasis, apoteker anda tidak boleh melakukan kesalahan, bahkan itu hanya sekali. Karena satu kesalahan dapat membahayakan kesehatan bahkan membunuh orang lain. Itulah sakralnya jurusan satu ini.


Pesan saya, sebelum anda masuk jurusan farmasi yakinkan dan mantapkan bahwa itu memang keinginan anda sendiri, ketika anda dipaksa orang tua maka coba lah untuk menerima dan masuk seutuhnya, karena jika anda masuk jurusan farmasi hanya setengah hati maka akan sulit kedepannya. Demikian penjelasan tentang farmasi, semoga bermanfaat. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alat Alat Peracikan Sediaan Farmasi

Tutorial Aplikasi Kimia ChemDraw bagi Pemula

BAB II TINJAUAN PUSTAKA (Contoh Karya Tulis Ilmiah (KTI) Pengenalan Spektrofotometri Pada Mahasiswa Yang Melakukan Praktikum Online di Laboratorium Farmakokimia)